Info Dasar Untuk Mey Or Duduk Termasuk Pengaturan

The Mey dan Duduk adalah dua instrumen terkait erat dari keluarga buluh ganda. Mungkin yang paling dikenal di Amerika adalah pertunjukan duduk di soundtrack untuk "The Last Temptation of Christ", di mana nada sedih dan sedih dari duduk digunakan untuk efek yang besar.

The Mey adalah nama Turki, Duduk istilah Armenia, untuk instrumen woodwind kuno yang juga termasuk Balaban dari Asia Tengah dan Guan Cina di antara varietasnya. Fitur penting adalah tabung silinder pendek dengan 7 atau lebih fingerholes dan satu lubang jempol digabungkan dengan buluh rumput buluh besar, dengan semacam "tali kekang" yang dapat disesuaikan yang ditempelkan pada buluh. Meskipun terdengar seperti apa yang tampak seperti zurna besar (sorna, mizmar, raita, suona, shenai, shawm, dll.) Buluh, mengundang klasifikasi dalam keluarga oboe, buluh ganda dalam pertanyaan berperilaku lebih seperti klarinet, di bahwa tidak seperti zurna dan obsesi awal dan folk lainnya, mey / duduk mampu memiliki nuansa dinamis dari pianissimo yang berbisik ke forte penuh – meskipun ia tidak mampu menghancurkan benteng dari tombak rakyat, memungkinkan mey / duduk menjadi digunakan di dalam ruangan dalam situasi yang intim. Ini juga merupakan suara yang signifikan dalam orkestra Armenia, membawa materi melodi yang signifikan. Beberapa ukuran ditemukan, panjang tabung mulai dari 6 atau 7 inci hingga lebih dari 16 inci.

Sekali lagi bertindak seperti klarinet, tabung silindris dan fungsi buluh sebagai tabung tertutup pada salah satu ujungnya, dan dengan demikian memainkan satu oktaf lebih rendah dari yang diharapkan untuk tabung pendek. Bora Ozkok mengacu pada mey Turki sebagai "kakek dari bassoon", meskipun klarinet adalah analog yang lebih baik. Memang gaya klarinet Turki sangat didasarkan pada gaya bermain mey yang lebih tua.

7 lubang dasar + fingering jempol juga sama dengan keluarga zurna; yaitu, menghasilkan kira-kira skala mayor ditambah satu catatan di atas, kisaran kesembilan. "Kira-kira" skala besar karena menghasilkan skala alami, bukan yang temper, meskipun bibir bisa membengkokkan nada yang cukup untuk memainkan interval apa pun, ditambah setengah-holing juga digunakan untuk mengisi banyak nuansa nada yang digunakan dalam musikal Oriental. sistem. Pada model yang lebih langka dengan lebih dari 7 fingerholes, lubang tambahan terletak di ujung bawah tabung.

Sulit untuk memberikan nada definitif dari berbagai ukuran mey atau duduk karena instrumen yang sama dapat bermain sebanyak satu langkah terpisah dengan buluh yang berbeda. Satu hanya bisa tepat tentang pitch dari kombinasi buluh dan tabung tertentu.

MEMPERSIAPKAN

Berikut ini beberapa petunjuk untuk menyiapkan mey atau duduk Anda:

Pertama, buluh, meskipun besar, hanya masuk mulut jarak pendek, kira-kira setengah inci lebih atau kurang. Bibir dapat ditarik secara longgar di atas gigi, atau bahkan sedikit ke depan seolah mengucapkan vokal Jerman (atau Turki) "Y". Jangan gunakan gigi Anda di buluh.

Buluh harus basah; jika ujungnya ditutup maka harus direndam sampai terbuka. Namun, jika ujungnya terlalu terbuka, hampir tidak mungkin dimainkan, jadi sesuaikan kekang untuk menutup ujung lebih banyak. Jika ini tidak berhasil, basahi buluh dan dengan hati-hati tekan ujung buluh yang tertutup; penjepit lembut semacam itu, bahkan klip kertas terbuka yang ringan akan membantu.

Buluh harus sesuai dengan soket di ujung atas mey / duduk. Jika terlalu besar seperti yang sering terjadi, pengamplasan lembut atau gesekan pada dasar buluh akan menyesuaikan ukuran agar sesuai dengan soket. Membungkus dasar buluh dengan sedikit benang gigi yang diberi wax atau benang rami yang diberi wax membuat pas tepat dan kedap udara, dan meminimalkan bahaya buluh yang secara tidak sengaja tertekan saat bermain. Wax floss atau rami digunakan dalam jumlah yang lebih besar agar sesuai dengan buluh yang lebih kecil ke soket yang lebih besar, jika itu yang terjadi.

Buluh harus bebas dari retakan; satu-satunya pengecualian adalah jika retakan langsung di sepanjang lipatan yang membagi dua sisi buluh. Saya telah memainkan buluh dengan perpecahan di sana dan mereka terus bermain dengan baik. Patut dicatat bahwa oboe modern, bassoon, shawm, bombarde dan bagpipe chanter reed dibuat dari dua potong tebu yang dilipat. Jadi sisi-split mey atau duduk buluh akan bekerja, bertindak seolah-olah itu dibuat dalam dua bagian seperti buluh tebu modern.

Perbaikan darurat kadang-kadang bisa (dan maksud saya hanya waktu Sore-tidak selalu!) Dilakukan pada reed split dengan menggunakan lem Super; ini hanya solusi sementara dan buluh harus diganti sesegera mungkin. Tentunya orang harus sangat yakin lem kering sebelum mencoba memainkan buluh.

Dalam banyak kasus buluh harus disetel ke tabung dan kolom udara yang dipasangkan. Untuk menguji penyetelan internal, putar nada terendah (semua lubang dan tutup jempol), kemudian lihat seberapa dekat kecocokannya dengan not oktaf (jari LH ke-1 hanya tertutup, buka lubang jempol. Kemudian uji pasangan oktaf berikutnya, nada yang dihasilkan dengan semua lubang tertutup tetapi untuk yang terendah, dan koreknya, semua lubang terbuka. Jika nada oktaf yang lebih tinggi datar, maka buluh harus dipersingkat. Menggunakan pisau atau gunting yang sangat tajam, potong pinggiran kecil dari ujung tiupan buluh Uji lagi, lanjutkan sedikit demi sedikit sampai oktaf akurat, saya mengingatkan Anda untuk hanya menghapus sedikit ujung buluh pada satu waktu, Anda selalu dapat menghapus lebih banyak jika diperlukan, tetapi tidak dapat dipasang kembali.

Dalam gaya tradisional mey / duduk tidak pernah berlebihan, tetapi jika itu, seperti klarinet, itu akan menghasilkan nada ke-12 di atas fundamental; tanpa pekerjaan kunci klarinet seperti akan ada kesenjangan dalam skala. Oleh karena itu bermain terbatas pada kisaran fundamental, dan tidak ada overblowing yang digunakan. Seperti bagpiper, banyak penggunaan dibuat dari jangkauan melodi yang terbatas.

Dengan hati-hati, alang-alang dapat bertahan selama beberapa waktu, tetapi seperti semua bahan organik tidak dapat diprediksi, jadi bagi musisi yang tampil, buluh ekstra, sudah dipasang dan disetel, adalah suatu keharusan.

Untuk merawat tabung mey atau duduk, meminyaki biasa dari bor dan eksterior dianjurkan. Saya lebih suka menggunakan minyak almond manis, karena itu manusia-ramah dan tidak seperti minyak nabati lainnya menolak ketengikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *